Tak Perlu Gelar Akadamis Untuk Menjadi Seorang Programmer

03 December 2020 - Kategori Blog

Lulusan ilmu komputer di Amerika Serikat, wajib menguras kantong sebesar US$100 ribu, atau kurang lebih 1,4 miliyar rupiah selama kuliah dan mendapat ijazah sarjana.

Namun, apakah gelar sarjana dalam selembar ijazah itu bakal menjamin lulusannya mahir ataupun jago dalam perihal coding? Apakah bayaran yang besar sepanjang menempuh pembelajaran itu betul- betul worth it?
Beberapa bos teknologi, banyak yang tidak mempunyai gelar sarjana dikala mereka mendirikan industri pertama kalinya.

Seperti Co- founder Apple Steve Jobs serta Steve Wozniak. Keduanya tidak mempunyai gelar sarjana kala mereka membangun industri teknologi yang saat ini sangat berharga di dunia.
Lewat MacRumors, Cook berkata kepada TechCrunch yang dilansir oleh ZDNet:“ Aku kira gelar 4 tahun tidak dibutuhkan buat jadi mahir dalam coding.”

Kata Cook, anggapan yang bilang gelar sarjana diperlukan buat jadi coder yang mahir itu merupakan pemikiran lama serta tradisional. Baginya, seorang anak dapat mahir coding bila mereka diajarkan semenjak dini hingga bangku SMA.
Dia mencontohkan Liam Rosenfeld, anak muda Amerika Serikat berumur 16 tahun yang merupakan satu dari 350 orang yang memenangkan beasiswa Apple Worldwide Pengembang Conference( WWDC) tahun 2019.

Walaupun seseorang programmer berbakat dapat berkarya serta berpenghasilan tanpa gelar sarjana, tetapi buat sebagian orang yang lain, gelar sarjana itu masih berarti serta berharga.

Perihal itu termuat dari hasil survei Stack Overflow tahun 2019, yang menunjukkan bahwa 50 persen dari programmer handal itu memiliki gelar sarjana, sedangkan cuma 25 persen saja yang menuntaskan gelar Master.

Cook bukan salah satunya bos teknologi yang sependapat bahwa seorang tidak perlu gelar sarjana buat bekerja di industri teknologi. Mantan Senior Vice President of People Operations Google, Laszlo Bock pula sempat berucap bahwa nilai akademik itu kriteria yang tidak berharga buat memperkerjakan seorang.

“Yang paling dicari Google dari para programmer ataupun pengembang aplikasi adalah keahlian mereka membuat kode, keahlian buat belajar disaat bepergian, serta paham kapan memimpin dan kapan saatnya mengeluarkan kekuatannya.”

 
Chat via Whatsapp