Bagaimana agar dagangan saya laku?

23 July 2020 - Kategori Blog

Seluruh tutorial, training, workshop, seminar, teknik dan strategi bisnis online, pada prinsipnya adalah untuk menjawab pertanyaan sederhana di atas. Bagaimana agar Dagangan Saya Laku. Dari pertanyaan tersebut, muncullah kemudian teknik-teknik dan strategi bisnis. Mulai strategi di dunia offline, maupun strategi di dunia online.

Nanti di dunia online muncul lagi cabang-cabangnya. Ada yang namanya facebook marketing, youtube marketing, twitter marketing, email marketing, list building, affiliate marketing, dll. Buanyaaak banget.

Saya terus terang kesulitan menjawab jika ada yg bertanya seperti di atas. Karena jawabannya tentu sangat beragam tergantung kemampuan apa yang anda miliki saat ini.

Jika anda lebih mudah berbicara langsung dengan konsumen, maka saya sangat menyarankan anda melakukan promosi secara offline. Pancing calon pelanggan untuk menelpon atau setidaknya SMS anda.

Misalnya anda buat brosur, lalu untuk pendaftaran minta mereka ketik nama, alamat dan kirim ke nomor anda. Dari situ anda bisa langsung kontak mereka untuk penjelasan produk dan lakukan teknik pemasaran via telpon hingga terjadi closing.

Kalau gak suka berhadapan langsung, bisa pakai cara online. Salah satunya melalui social media, misalnya facebook. Beda dengan cara offline, di facebook kecenderungannya bukan promosi tapi lebih kepada rekomendasi. Saya mengamati di facebook itu produk yang dijual dengan teknik bercerita dan berbagi pengalaman akan lebih mudah laku. Memang kesannya ribet, terutama bagi mereka yg kurang sabaran dan kurang telaten.

Jika anda termasuk yang seperti itu, maka anda harus pake iklan-iklan yang berbayar yang langsung diarahkan ke facebook fanpage. Karena saya amati, jualan menggunakan fanpage dengan iklan berbayar facebook bisa langsung hard selling karena orang yang datang dan like FP anda biasanya memang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Ada banyak jika lain yang bisa saya sampaikan di sini. Dan itu mungkin akan membuat anda tambah bingung saja mengingat betapa banyaknya pilihan. Maka cobalah membuat list dulu, modal yang anda miliki apa saja. Sehingga anda dapat memanfaatkan potensi2 tersebut sebagai sarana promosi yang lebih efektif.

Yang punya kemampuan menulis, bisa mulai dengan membuat blog. Yang suka ngomong bisa pake video. Yang punya dana, bisa gunakan facebook ads. Yang gak bisa apa-apa ya mulailah dengan mengasah salah satu kemampuan anda. Toh semua profesional juga punya sebuah momen melakukan pertama kali kan?

Yang jago jualan juga pernah melewati saat pertama kali jualan
Yang jago nulis juga pernah dapat momen pertama kali nulis

Nah, apa yang bisa anda lakukan untuk pertama kali? Lakukan saja dan konsisten untuk terus diasah.

, , , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp